6 Cara Memasak Mie Instan Dengan Benar, Aman, Sehat Dan Tidak Berbahaya Bagi Kesehatan


Cara Memasak Mie Instan,Mie instan telah menjadi bagian makanan harian bagi mayarakat di Indonesia. Bila tak ada lauk, maka mie instan akan menjadi pilihan cepat dan praktis. Dengan begitu melimpahnya jenis varian mie instan yang beredar di pasaran dan rasanya yang lezat membuat mie instan adalah salah satu makanan yang kebanyakan orang menjadikannya sebagai makanan pokok yang digemari.

Walaupun mie instan adalah makanan sejuta umat, namun mengonsumsi mie instan secara terus menerus sangat tidak di anjurkan untuk di konsumsi apalagi dalam rentang waktu yang bergitu dekat. Misalnya dalam 1 minggu yang di konsumsi adalah mie setiap waktu. Tentu hal itu dapat mengganggu keseimbangan tubuh dalam pola makanan yang sehat terlebih fakta bahwa mie instan mengandung natrium dan MSG yang banyak sehingga menjadikan orang banyak khwatir untuk mengkonsumsi mie instan.

Sebenarnya sudah banyak yang tahu tentang bahaya dari mie instan, seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya mengenai Bahaya Mie Mie Instan Untuk Kesehatan Tubuh tetapi kebanyakan orang tidak mempedulikannya. Nah, jika anda termasuk yang menyukai mie insta tdan tetap ingin memakannya, sebaiknya perhatikan cara memasaknya. Berikut ini ada 6 Cara Memasak Mie Instan Dengan Benar, Aman, Sehat Dan Tidak Berbahaya Bagi Kesehatan, yaitu diantaranya :

cara memasak mie instan



Cara Memasak Mie Instan Yang Benar Dan Aman : 
  1. Perhatikan Tanggal Kadaluarsa
    Sebelum membeli mie instan di warung atau supermarket pastikan anda melihat dulu tanggal kadarluwarsanya. Biasanya, kebanyakan mie instan memiliki batas expired hingga enam bulan lamanya. Untuk itu penting sekali memperhatikan hal yang satu ini. Jangan sampai mie yang anda konsumsi masa expirednya sudah dekat atau bahkan tinggal satu hari lagi. Bahaya lho! Biasanya yang cepat kadaluwarsa adalah bumbu yang terdapat dalam mie instan tersebut. Untuk itu, anda harus lebih teliti sebelum membeli.
  1. Pastikan Mie Matang Sesuai Petunjuk  
    Kalau anda suka menyantap mie instan dengan hanya meremas dan mencampur bumbu tanpa dimasak terlebih dahulu lebih baik segera hentikan kebiasaan tersebut. Karena cara tersebut sangat tidak sehat dan tidak dianjurkan, karena salah satunya akan menyebabkan gangguan pada pencernaan anda. Karena itu, pastikan kamu sudah memasak sampai matang mie instan sesuai dengan cara penyajian yang tertera. Mulai dari jumlah air yang disarankan, sesuaikan waktu memasaknya dengan yang dicantumkan agar tekstur mie instannya pas dan sempurna kematangannya, tidak mentah dan tidak terlalu matang.
  1. Buang Air Rebusan Pertama Mie Instan  
    Saat merebus mie, buang air yang pertama kali anda gunakan untuk merebus. Saat merebus, lapisan lilin yang terkandung dalam mie tersebut sebagian besar akan larut bersama air. Oleh sebab itu saat merebus mie kuah dari mie tersebut akan berwarna putih kekuningan sepertti warna mie. Hal ini akan membantu meminimalkan banyaknya lilin yang masuk ketubuh. Mungkin juga ini akan berpengaruh sedikit pada cita rasa mie, tapi untuk tubuh yang sehat tidak apa-apakan? 
  1. Jangan Memcampurkan Bumbu Kedalam Mie Yang Sedang Di Masak  
    Saat sedang memasak mie, jangan pernah campurkan bumbu dan mie ke dalam air rebusan. Bumbu mie instan memiliki kandungan berbahaya dan akan semakin berbahaya bila bercampur dengan air bersuhu tinggi. Untuk mengurangi bahaya ini, sebaiknya bumbu dicampurkan dengan mie saat mie instan telah diangkat dari dalam air rebusan. Bukankah pada kemasan mie instan telah dicantumkan cara pencampuran bumbu dengan mie ? 
  1. Mengurangi Bumbu Mie Instan   
    Bumbu mie instan merupakan salah satu bagian yang sering dikhawatirkan. Tak dapat disangkal jika garam dan MSG adalah komposisi bahan pembuatan pada bumbu mie instan. Secara umum garam dan MSG memiliki batas-batas aman tertentu yang boleh dikonsumsi tubuh. Maka dari itu, kurangilah bumbu mie instan saat anda memasak mie instan, atau anda bisa juga menggunakan setengahnya saja. Jika tak mau memakai bumbu dari mie instan, anda juga bisa menggantinya dengan bumbu buatan sendiri. Seperti bawang putih yang dihaluskan, kecap, saus, sedikit merica, garam, saos, ataupun bumbu-bumbu yang lain. Memang sih, terasa agak sedikit berbeda dan tak seenak jika memakai semua bumbu. Tetapi citarasa dari bahan alami lebih aman dan sehat.
  1. Berikan Gizi Yang Seimbang  
    Memang benar bahwa mie instan memberikan nutrisi bagi tubuh kita, namun faktanya adalah asupan karbohidrat yang menyebabkan tidak berimbangnya gizi yang masuk kedalam tubuh kita. Sebisa mungkin anda memberikan bahan-bahan yang dapat menambah nilai gizi pada mie instan yang anda buat misalnya saja seperti sawi, wortel, tomat dan lain-lainnya sedangkan anda juga bisa menambahkan daging, telur dan lain-lain sebagai asupan proteinnya.
Sebagai tambahan agar supaya memakan mie instan yang aman dan mengurangi dampak bahaya yang berlebih bagi kesehatan anda, saya sarankan untuk memperhatikan beberapa hal sebagai berikut ini, antara lain :

Tips Aman Memakan Mie Instan : 
  1. Jangan Terlalu Sering
    Apapun yang dikonsumsi secara berlebihan memang tidak baik, termasuk juga mie instan ini. Buat anda yang mungkin terlalu sering makan mie instan bahkan hampir setiap hari, lebih baik mulai hentikan kebiasaan ini. Mengingat kandungan mie instan yang tinggi karbohidrat namun, minim gizi dan zat yang dibutuhkan untuk tubuh akan membuat tubuh kita tidak mendapat nutrisi yang cukup. Mengkonsumsi mie instan selama seminggu sekali sudah cukup. Selain itu, hindari makan mie instan sebelum menjelang tidur, karena kandungan mie instan yang terbuat dari tepung akan dicerna menjadi gula di dalam tubuh anda dan dapat mengganggu organ pencernaan anda yang seharusnya beristirahat saat tidur.
  1. Jangan Memakan Mie Instan Dalam Keadaan Mentah  
    Pasti anda pernah menikmati mie instan dengan cara paling sederhana yaitu dengan meremas mie, dan memberinya bumbu lalu di makan, atau istilahnya makan mentah-mentah. Hal ini tentu saja tidak sehat, karena dapat menggangu percernaan anda. Jadi anda harus mengolahnya sesuai apa yang menjadi petunjuk pada bungkus mie yang ada.
  1. Jangan Menyantap Mie Instan Dengan Nasi  
    Bagi masyarakat Indonesia, makan tanpa nasi rasa-rasanya seperti ada sesuatu yang kurang. Akan tetapi mencampur mie instan dengan nasi merupakan kebiasaan yang kurang sehat. Mengapa tidak boleh dicampur dengan nasi? Penyebabnya karena mie instan sudah memiliki banyak kalori dan karbohidrat. Jika dicampur nasi hanya akan menjadikan tubuh kita memiliki kadar gula yang lebih tinggi. 

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai 6 Cara Memasak Mie Instan Dengan Benar, Aman, Sehat Dan Tidak Berbahaya Bagi Kesehatan, Semoga Bermanfaat Dan Terima Kasih Banyak Atas Kunjungannya.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.