Sejarah Perkembangan Nokia

Profil Perusahaan Nokia Sejarah dan Perkembanganya




Nokian, tentu kita semua tahu dengan nama ini, Perusahaan terbesar di Finlandia dan Dunia di bidang peralatan komunikasi. Siapa sangka. Nokia dulunya adalah sebuah perusahaan penggilingan pulp yang didirikan pada 1965 oleh Fedrik idestam.

Setelah berakhirnya perang dunia pertama. sebuah perusahaan karet Finlandia mengakuisisi perusahaan kabel Finlandia dan perusahaan kayu Nokia. Ketiga perusahaan ini pada 1967 bergabung dan mendirikan Nokia Corporation. Bagi Anda yang masih penasaran dengan sejarah berdirinya perusahaan Nokia. berikut sedikit Profil perusahaan Nokia

Awal Berdiri

Pada Tahun 1950an. Bjom Westerlund yang merupakan CEO dari Nokia Corporation menganggap bahwa perkembangan sektor kayu da kertas akan terbatas. Oleh karena itu. didirikanya sebuah divisi baru yang bergerak di bidang electronik. Nokia terus melakukan penelitian dan pengembangan di bidang electronik. selama 15 tahun banyak percobaan kegagalan yang mereka temui.

Barulah pada 1970 Nokia bersama Salona. sebuah perusahaan pembuat televisi. menembangkan telepon seluler. Nordic Mobile Telephony berhasil diluncurkan oleh Nokia pada tahun 1981. Nordic Mobile adalah jaringan seluler pertama di dunia. Walau terbilang sukses di bidang electronik. bisnis Konito adalah salah satu contoh kesuksesan Nokia di bisnis karet.

Perkembangan Nokia

Perusahaan bersinar ini bukan tidak pernah mengalami kritis. Kritis yang melanda Nokia 1991 membuat CEO Joma Ollila harus mengambil keputusan untuk fokus pada bisnis jaringan telepon dan telepon seluler. Keputusan ini berhasil. Pada 1992 muncul telepon GSM pertama di Finlandia. Tidak hanya di Finlandia, Nokia juga sukses memasarkan produk mereka ke seluruh dunia dan menjadi produk no satu.

Berbagai Fitur di Ponsel Nokia

Pada Tahun 1994, Nokia meluncurkan Nokia 2100, Nokia 2100 menjadi telepon genggam pertama yang menggunakan fitur Nokia tone. Nokia tone sendiri adalah sebuah karya yang dihasilkan dari gitar klasik yang di susun Francisco Tarrega di abad ke-19 Nokia terus berkembang dan meluncurkan berbagai telepon seluler dengan fitur-fitur baru, seperti Nokia 7110, telepon seluler pertama yang menggunakan fitur WAP.

Pada Tahun 2002 Nokia meluncurkan Nokia Seri 6650, telepon 3G pertama dengan ponsel ini anda bisa melakukan panggilan video, dan menonton siaran televisi di perjalanan, Selanjutnya pada 2003 ponsel N-Gage yang merupakan ponsel game sukses di pasaran.

Banyak perkembangan dan fitur-fitur baru yang di tawarkan Nokia, dari mulai N-series yang dilengkapi fitur multimedia, E- series yang dipersenjatai dengan beragam fitur yang menunjag keperluan bisnis, Hingga saat ii, Nokia tidak berhenti melakukan penelitian dan pengembangan terhadap teknologi komunikasi. Kita tunggu saja ponsel dengan fitur menarik apa lagi yang akan diluncurkan olh perusahaan yang bermarkas di Finlandia ini.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.