Sejarah Berdirinya Samsung


Cerita dibalik berdirinya Samsung


Siapa yang tidak mengenal Samsung? Sebuah perusahaan asal Korea Selatan yang mampu menjadi salah satu vendor tersukses dalam bisnis teknologi tahun ini. Namun. tahukan Anda siapa dan bagai mana sejarah penjelasana Samsung untuk bisa meraih sukses hingga seperti sekarang?

Mencoba kembali ke masa lampau, Samsung berdiri pada tahn 1993 yang diprakarsi perdagangan kecil dengan 40 karyawan yang berlokasi di Su-dong (sekarang menjadi Ingyo-dong)

Namun Samsung, diambil dari sebuah kata dalam bahasa Korea yang memiliki arti 'tiga bintang'Filosofi yang terkandung di dalamnya adalah jenis usaha yang meliputielectronik, teknologi informasi, dan pengembangan.

Hingga pada tahun 1947an, Samsung mengalami kemajuan yang cukup signifitkan dan Lee akhirnya memindahkan kantornya di Seoul.

Sampai pada tahun 1960an, Samsung Group semakin melejit dan menjadi industri electronik. Kala itu Lee langsung membentuk divisi electronik. seperti Samsung Elecronics Co Devices. Telecommunications Co, dan membuat fasilitas di Suwon.

Dari divisi electronik ini, produk pertamayang dihasilkan adalah televisi hitam putih. Hingga pada tahun 1980 Samsung mulai berani berspekulasi dengan membangun perangkat telekomunikasi setelah
mengakuisisi Hanguk Jeoja Tongsin di Gumi.

Dikutip dari WIKIPEDIA, kesuksesan Samsung mulai terlihat dari situ. Kemudian perusahaan beranjak untuk membuat gebrakan baru dengan mendirikan industri electronik secara global. Sebuah langkah ekstrim diambil Samsung untuk membuat usahanya maju.


Pada tahun 1982, Samsung membangun sebuah pabrik perakitan televisi di Portugal.  Dua tahun berselang, Samsung kembali mendirikan sebuah pabrik di New York. Tidak berhenti di situ, pada tahun 1985 Samsung kembali mendirikan sebuah pabrik di Tokyo, serta pada tahun 1987, mendirikan lagi fasilitas di Inggris, dan fasilitas lain di Austin pada tahun 1996.

Era kejayaan Samsung telah lahir pada tahun 1990-an. Bahkan Samsung merupakan salah satu perusahaan yang mampu selamat dalam krisis keuangan Asia pada tahun 1997 silam.

Perusahaan yang dibangun Lee mulai menjadi produsen terbesar memory chips di dunia pada tahun 1992. Sekaligus menjadi pesaing kuat Intel dalam industri yang sama. Hingga pada 2002, Samsung telah menjelma menjadi produsen terbesar di dunia yang membuat pane layar liquid-crystal.

Sekarang, kesuksesan Samsung tidak lagi terbantahkan. Bahkan seluruh aspek teknologi telah dijajal untuk mengembangkan perusahaan tersebut. Bahkan smartphone andalan Samsung, yaitu Galaxy S4 telah menjadi perangkat terpopuler tahun 2013.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.